Home > Uncategorized > Marcus Tullius Tiro?

Marcus Tullius Tiro?

Ada yang salah dengan judul diatas? Mungkin pembaca dua novel Robert Harris, Imperium dan Conspirata agak mengerutkan kening. Sama seperti ketika saya mendengarnya disebutkan di sebuah acara di stasiun TV nasional tadi pagi.

Beliau adalah penemu stenografi, cara menulis ringkas nan cepat, biasanya dipakai untuk mencatat isi pembicaraan. Sebelum ditemukannya alat perekam, stenografi atau singkatnya steno sering dipakai oleh para wartawan.

Yang membuat kening berkerut? Karena namanya mirip dengan Marcus Tullius Cicero, sang majikan. Ya, Tiro adalah budak Cicero, yang kemudian menjadi sekretaris pribadinya, keadaan yang memaksa Tiro untuk menemukan cara menulis cepat pidato dan pembicaraan yang dilakukan oleh sang majikan. Pelaku sejarah Romawi, yang terkenal akan orasi-orasinya yang dahsyat. Ya, dia menemukan beberapa metode steno  yang memudahkannya dalam mencatat kata-kata yang mengalir deras dari mulut sang orator.

Saya sempat mengira script writer untuk acara TV yang saya tonton tadi salah menyebut nama Tiro dengan menambah Marcus Tullius di depan namanya. Penasaran, saya rambah google, dan ternyata perkiraan saya yang salah. Baik Cicero dan Tiro, dua-duanya memang bernama Marcus Tullius. Ha? Kok bisa? Saya tidak tahu pasti. Mungkin nama itu dianugerahkan oleh sang majikan?

Selanjutnya, mungkin saya coba akan meresensi dua novel Robert Harris, Imperium dan Conspirata, dimana Tiro menjadi sang penutur kehidupan politik sang majikan, Cicero!

Advertisements
Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: