Home > Inside my Thought > TRIPLE NINE

TRIPLE NINE

Besok adalah hari yang istimewa, tiga angka sembilan berurutan, 9-09-09. Mungkin tidak lebih heboh dari 9-09-99 saat isu dunia akan kiamat merebak pada tanggal itu. Tetapi bagi saya, kedua tanggal itu sama saja, mengingatkan saya pada hari dimana saya hadir di dunia ini.

Saya bangga karena tidak kurang dari presiden RI saat ini Susilo BY, juga lahir pada tanggal ini, 9-09-49, ibu guru Bahasa Indonesia saya semasa SMU juga lahir pada tanggal ini, entah tahun berapa. Ternyata teman sebangku  saya semasa SMP juga lahir pada tanggal yang sama, cuma, ia setahun lebih muda. Dan terakhir, seorang adik kelas di FK UNUD yang tiga tahun lebih muda juga lahir pada tanggal yang sama.

Dari beberapa orang tersebut, kecuali Bapak Presiden adalah orang-orang yang (pernah) dekat dengan saya. Dengan berbagai cerita masing-masing (mungkin suatu saat nanti saya akan bertemu dengan Pak SBY dan menjadi dekat dengannya J). Oke, sebelum melenceng terlalu jauh, saya tidak menulis ini untuk menceritakan tentang mereka.

Sampai saya pacaran dengan istri saya saat ini, saya tidak pernah mengganggap HUT saya sebagai suatu hari yang begitu istimewa. Karena di Bali sendiri, para Umat Hindu telah merayakan hari kelahiran setiap 210 hari sekali. Tentunya dengan upacara yang disebut otonan yang ditentukan melalui perhitungan ‘Sapta Wara’  yang setara dengan hari-hari dalam seminggu dan ‘Pawukon’ yaitu 30 nama berbeda untuk minggu-minggu yang berbeda.  Jadi hari itu akan selalu berulang setiap 7×30 = 210 hari.

Pada hari otonan ini, setidaknya sehari sebelumnya, ibu atau bibi saya (atau nenek saya semasa beliau masih hidup) akan sibuk menyiapakan rangkaian janur dengan berbagai bentuk dan keindahannya (mejahitan). Merangkainya di meja dengan persembahan buah-buahan, ketupat dan juga kue-kue. Ayah atau paman saya akan menyiapkan ayam untuk disembelih dan dipanggang untuk menjadi bagian dari upacara juga.  Pada hari itu, saya sembahyang, mensyukuri hidup yang telah saya jalani, kemudian menghadapi rangkaian ‘banten’ yang telah disiapkan, dan menerima do’a restu dari keluarga. Akhirnya mengenakan gelang dari benang khusus, dan setelah semua acara selesai, kami makan bersama.

Secara detail, saya tidak mengetahui filosofi dari acara otonan ini, namun menurut saya intinya sama saja dengan acara ulang tahun yang dirayakan setiap tahun berdasarkan perhitungan kalender masehi. Ada makanan, keluarga, do’a syukur dan harapan, juga makan bersama. Keduanya juga memiliki arti penting berupa introspeksi, mengingat apa yang telah dilakukan semasa hidup ini, berharap untuk menjadi lebih baik kemudian.

Kembali pada esok, 9-09-09, Hari Ulang Tahun saya yang ke-26. Mau tidak mau saya menganggapnya lebih spesial dibanding hari-hari sebelumnya. Selain karena semangat dari istri saya untuk merayakanya (setidaknya berdua), saya juga ingin menjadikan HUT saya kali ini untuk berintrospeksi dan juga beresolusi. Saya merasa, besok memang hari yang spesial. Tetapi, mungkin karena saya lebih bersifat introvert, saya merasa lebih nyaman untuk menyendiri. (Yang mungkin akan membuat beberapa pihak kecewa, maka bersama ini saya mohon maaf).

Sudah ada beberapa hal yang terpikirkan sampai saat ini. Kesalahan masa lalu, kegagalan, hal yang seharusnya dapat diubah, cita-cita, tekad, motivasi pribadi, keinginan untuk membahagiakan keluarga, peningkatan kompetensi, memaknai hidup lebih baik, mengenal diri sendiri lebih baik, menjadikan diri lebih berguna bagi masyarakat, membuat blog ini lebih baik… dan banyak lagi.

Dari deretan angka, 9 memang bernilai paling tinggi. Esok, 9-09-09, apakah saya akan semakin dekat dengan Yang Tertinggi? Dapatkah saya makin merekatkan diri dengan Tuhan?

Terima kasih do’a –nya.

  1. September 8, 2009 at 12:45 PM

    kayaknya ada yang akan ultah nih besok, semoga sukses selalu pak dokter…

    oya, saya pernah nulis tentang otonan disini
    http://wirautama.net/upacara-otonan/

    • September 9, 2009 at 6:08 AM

      Terima kasih banyak, terima kasih doanya. Semoga kesuksesan menjadi milik kita semua…

  2. September 9, 2009 at 10:31 AM

    Selamat ulang tahun, Arya. Mudah-mudahan hidupnya diberkahi selalu ya..

    • September 10, 2009 at 9:24 AM

      Terima kasih banyak Vic, semoga berkah menjadi milik kita semua…

  3. yudhine
    September 17, 2009 at 8:43 AM

    Heppy be late B-day . . .

  4. October 13, 2009 at 12:09 PM

    Hmm… I’ll never forget that day…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: