Home > On True, Uncategorized > Berikan dan Dapatkan

Berikan dan Dapatkan

Dulu, sebelum menikah dan punya anak, saya memang sudah pernah membayangkan bagaimana kira-kira sibuknya menjadi suami dan ayah. Tetapi tentu saja membayangkan tidak sama dengan menjadi. Haha… memang tidak hanya memerlukan niat dan semangat, namun juga stamina dan keikhlasan. Terbukti suatu malam…Saat itu sudah malam, saya capek, istri capek, ibu capek, ayah sudah tidur dan Tara masih gelisah ketika ditidurkan di ranjang. Godaan ASI tidak mempan, proposal mainan dan boneka juga hanya membuatnya menoleh sejenak lalu menangis lagi. Maka saya senyumkan diri, tidak menghiraukan kaki pegal dan mata yang agak berat. Saya angkat dia ke pelukan saya, saya gendong ke lantai 2.

Dari atas sini, bukan hanya suara mobil dan motor yang lewat, Tara juga bisa melihat lampu-lampu mereka berjalan dari utara ke selatan atau sebaliknya. Dia tampak excited, menoleh ke kanan dan kekiri mengikuti arah jalannya cahaya, sampai-sampai berkali-kali menampar wajah saya dengan wajahnya. Hahahaha… begitu menakjubkan memandang dunia dari sudut pandang seorang bayi, begitu apa adanya, sangat bersemangat!

Beberapa menit, ia mulai mengantuk, merebahkan kepalanya di bahu saya, saya sudah membayangkan matanya terpejam dan hatinya damai. Tetapi sebuah mobil lewat lagi, membuatnya terbangun dengan semangat dan ingin menyaksikan lagi. Semangat banget! Haiiihh, anak ini. Cewek kok kayak cowok.

Saya nyerah, saya duduk sajalah… Berharap dia mau tidur dengan menyanyikan beberapa lagu yang saya tahu. Yak, dimulai dari bintang kecil, lalu twinkle-twinkle little star, lalu hei… matanya malah tambah terang! Melihat ke arah bibir saya yang komat-kamit lalu menjamah-jamahnya. Ahh, saya jadi terbawa suasana, lalu menyanyikan lagu andalan saya: Tak Gendong-nya Mbah Surip! Eh dia malah ketawa.

Ah, bapak capek, Nak.

Oke, saya kumpulkan mood saya, pura-pura senang, lalu memasang senyum palsu, ketawa palsu, menyanyikan lagu-lagu yang saya tahu dengan lucu dan lebih bergembira. Sambil menggelitikinya. Tara tertawa-tawa. Di matanya terpancar kegembiraan yang tak dapat dipalsukan. Saya terpengaruh, awalnya yang saya hanya pura-pura, sekarang kegembiraan juga menyeruak di hati saya.

Memang, saya pernah mendengar Mario Teguh di acara Golden Ways berkata, “Tuhan tidak akan membiarkan kita lama berpura-pura jadi kalau kita berpura-pura gembira, tidak lama lagi kita akan benar-benar bergembira”. Pengalaman saya di teater waktu SMU, saat berpura-pura marah, atau sedih maka perasaan itu akan terus terbawa bahkan ketika pentas sudah usai.

Untuk mengakhiri tulisan ini, saya sodorkan sebuah teori yang terbukti pada saya sendiri. Jika anda ingin mendapatkan kegembiraan, maka berikanlah dahulu kepada orang lain, meskipun itu pura-pura, maka ia akan kembali kepada anda sejujurnya. Dan seperti teori-teori lainnya, sudah merupakan hak anda untuk membuktikannya atau hanya membaca dan menjadikannya referensi belaka.

Categories: On True, Uncategorized
  1. September 1, 2009 at 12:31 PM

    sangat menarik bro, makasi pencerahannya 🙂

    • September 2, 2009 at 10:18 AM

      Yaa, itung-itung bagi2 cerita buat anda yang mau ada…

  2. September 1, 2009 at 12:59 PM

    Anakmu pintar, Ar. Dia terlalu banyak kepingin tau. Kamu dan istrimulah yang kudu berjuang meladeni rasa kepingin taunya. Saranku, sediakan aja batang korek api yang banyak buat ditaruh berdiri di mata pas kalian lagi ngantuk, hahaha..

    • September 2, 2009 at 10:20 AM

      Makasi saran loe vic, gw biasanya pake selotip… hehe

  3. rastiti
    September 8, 2009 at 11:54 AM

    “Jika anda ingin mendapatkan kegembiraan, maka berikanlah dahulu kepada orang lain, meskipun itu pura-pura, maka ia akan kembali kepada anda sejujurnya.”

    hmmm, akan sgera saya coba…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: