Home > Tekno > Semoga Ceria bikin saya terus ceria

Semoga Ceria bikin saya terus ceria

Kemarin malam, seorang kakak sepupu datang untuk mengkonsultasikan Indosat Broom unlimited yang ia gunakan selama 6 bulan ini. Kebetulan kakak saya pulang kampung. Ia yang membelikan modem beserta starter pack broom sepupu saya ini. Lalu kami ngobrol banyak, tentang facebook, blog, dan akhirnya keinginan saya untuk menggunakan speedy. Sayangnya, di rumah saya, di kampung, belum terpasang telepon. Katanya siy, ada tetangga yang mau menjual line teleponnya seharga 1,5 juta. Wah, mahal.

Lalu ia menceritakan tentang Ceria. Ada beberapa orang di kampung yang sudah menggunakannya, dan dikatakan mereka puas, katanya. Pesawat teleponnya seharga Rp 299.000,- dan kalau mau yang bisa internet Rp 599.000,-. “Kalau mau coba, besok bli suruh orangnya kesini.”

Dan, pagi hari tadi saya browsing, mencari referensi. Saya baca artikel di blog orang yang sudah menggunakan Ceria. Lebih banyak yang puas, tetapi ada yang berani menjelekkan, ada pula yang coba menengahi. Ada yang membandingkannya dengan speedy, ada pula yang membandingkannya dengan Broom Unlimited. (Untuk lebih jelasnya, search, baca sendiri deh, pendapat2 tersebut – mode takut UU ITE on). Saya putuskan untuk mencobanya sendiri.

16:00 WITA, sepupu saya datang dengan marketing Ceria. Kami tegaskan bahwa kami hanya mencoba dulu, dan ia mengiyakan. Saya mengeluarkan laptop, ia mengeluarkan pesawat telepon merah seukuran pesawat telepon rumah dengan antena berwarna hitam.

Saya sempat mengintip, sinyalnya 3 bar dari maksimal 4 bar. Setelah beberapa detik persiapan (memasang kabel-kabel, kartu dan baterai) ia mempersilahkan saya mengkoneksikan pesawat dengan laptop melalui USB. Instalasi berjalan otomatis beberapa detik setelah koneksi, tanpa CD instalasi. Setelah software terinstall, saya menjalankan software, menyeting dengan bimbingannya, lalu konek. Ia menantang, mempersilahkan saya untuk membuka situs apa saja.

Saya buka facebook, berbarengan dengan blog saya ini, lumayan. Saya buka speedtest, mencoba membuktikan kebanggaannya ketika membandingkan Ceria dengan Speedy. Download speed 117 kbps dan upload 35 kbps menurut tes kecepatan yang ada di homepage ceria. Lalu saya buka Youtube dan menonton 2 buah video dengan lumayan nyaman, update definition files Kaspersky Internet Security. Hmm, saya lumayan puas. Saya memutuskan untuk membeli.

Tadi, di status facebook, saya menulis di status bahwa kecepatan Ceria ini bersaing dengan Speedy di kantor saya. Dan ada dua tanggapan dari teman. Wah, seharusnya saya dapet komisi neh. Nah, kalau ada yang berminat, menurut saya sebaiknya anda coba di rumah terlebih dulu. Karena, itu tadi, tak ada yang sempurna. Beberapa menit yang lalu, jam 8 malam, hujan turun. Kecepatan koneksi agak turun, 96 kbps download dan 7 kbps upload, masih cukup nyaman. Moga terus begini, atau malah tambah cepat. Karena menurut Marketingnya, akan terus dilakukan pengembangan. Semoga.

Catatan: Saya tinggal di Ulakan, sebuah desa dekat pantai juga dekat perbukitan, berjarak 57 km dari kota Denpasar-Bali, 17 km dari Semarapura (Klungkung), 22 km dari Amlapura (Karangasem). Sinyal GPRS udah masuk, 3G blom. Oya, dari beberapa spot di kampung saya sinyal TV gak ketangkep dengan antenna biasa (termasuk rumah saya), makanya lumayan banyak penduduk desa yang pengen menonton TV dengan nyaman make parabola.

Setelah upload postingan ini, saya melanjutkan browsing, pada jam 9.30 malem beberapa kali error loading page, padahal menurut softwarenya konek. Gatau juga mungkin karena mendung, atau mencapai peak hour? Saya tidur. Pagi 12/7/09, jam 5, kecepatan naik 136 kbps download dan 77 kbps upload.

Categories: Tekno
  1. July 12, 2009 at 9:37 AM

    Arya, saya ndak pernah nyobain Ceria. Saya malah baru tau kelemotan suatu koneksi internet berhubungan dengan cuaca yang mendung. Wah, kok bisa ya?
    Jadi bersyukur nih, tempat PTT saya udah dimasukin Speedy, penduduk bayarnya bisa nyicil pula..

    ititut4rya said: Gatau juga, lemotnya karena mendung ato pas peak hour, baru nyoba soale. Nah, dulu pernah di kantor tu pake internet yang pake receiver kayak parabola gitu (providernya gausah kusebut deh), nah, kalo cuaca mendung ato hujan, lemot deh.
    Mantep tu, kalo bisa nyicil, majulah Indonesia!

  2. July 12, 2009 at 3:17 PM

    ya semoga lancar deh, saya bulan ini mulai pake starone unlimited…

    ititut4rya said: sama-sama pak…

  3. July 2, 2012 at 10:33 PM

    Siang pak arya,

    Saya berminat membeli Ceria. Mohon di info no tlp marketing nya ke artawan@gmail.com atau alamat toko yang jual ceria di kawasan klungkung – bali.

    Thanks

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: